Cara Instal Stable Diffusin Di PC Secara Lokal dan Gratis

Pada postingan Sebelumnya Saya telah membahas Pengertian Mendalam Tentang Stable Diffusion AI yang dapat anda baca DISINI

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana cara memasang Stable Diffusion pada PC secara Lokal dengan menggunakan VGA dengan Minimal VRAM 6GB. Anda dapat menggunakan VGA dari merek NVIDIA ataupun AMD RADEON, pada dasarnya untuk dapat menjalankan SD 1.5 pada perangkat PC secara cepat anda harus memiliki VRAM yang tinggi agar proses Render tidak memakan waktu yang lama.

Menjalankan Stable Diffusion secara lokal memungkinkan Anda bereksperimen dengan berbagai input teks untuk menghasilkan gambar yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda dapat menyempurnakan model pada data Anda untuk meningkatkan hasil berdasarkan masukan yang Anda berikan.

CARA INSTAL STABLE DIFFUSIN 1.5

1️⃣ Instal Python & Git

Python 3.10.6 diperlukan untuk menjalankan Stable Diffusion dari komputer Anda. Kalian dapat menginstalnya dari Situs Web resmi Python. Jika Anda mengalami kesulitan, lihat tutorial Cara Menginstal Python pada halaman resminya.

jika kalian berhasil menginstal Python dengan benar, maka ketika anda membuka command prompt, kemudian ketik perintah python, maka pada Connand Prompt akan menunjukkan gambar seperti dibawah ini, yang menunjukkan versi Python yang Anda gunakan saat ini.


Catatan: Jangan lanjutkan proses instalasi ini tanpa Python 3.10.6.!

Selanjutnya, Anda perlu menginstal sistem manajemen repositori Git yang dapat anda unduh melalui situs resminya DISINI. Instal seperti biasa dan kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2️⃣ Buat akun GitHub dan Hugging Face

GitHub adalah layanan hosting untuk pengembangan perangkat lunak; ini adalah tempat di mana pengembang meng-hosting kode mereka sehingga dapat melacak dan berkolaborasi dengan pengembang lain dalam proyek perangkat lunak. Anda harus login atau membuat akun GitHub terlebih dahulu sebelum memulai proses selanjutnya. Daftar GitHub

3️⃣ Kloning Stable Diffusion Web UI ke PC Anda 

Pada langkah ini agak sedikit rumit, namun masih bisa dipahami. Proses ini adalah mengunduh data instalasi Stable Diffusion secara remot dari repositori GitHub ke PC anda. Meskipun kita bisa mendownload langsung dari GitHub dalam bentuk ZIP kemudian di ekstrak ke folder yang kita inginkan. Namun cara ini lebih minim kegagalannya.

Untuk langkah ini, Anda memerlukan Git Bash. Silakan navigasi ke folder tempat Anda ingin mengkloning Stable Diffusion web UI dengan menggunakan perintah berikut:

cd path/to/folder

Kemudian Jalankan perintah Selanjutnya:

git clone https://github.com/AUTOMATIC1111/stable-diffusion-webui.git

Jika Perintahnya berhasil dijalankan, maka Anda akan melihat Folder bernama "stable-diffusion-webui" pada folder yang anda arahkan sebelumnya, dan jika anda buka folder tersebut, maka anda akan melihat banyak File Dan Folder didalamnya.


Dan Git Bash akan menunjukkan hasil perintah seperti gambar dibawah ini:


4️⃣ Unduh model Stable Diffusion 1.5

Dibagian ini, akun Hugging Face Anda sangat berguna. Silakan masuk ke platform Hugging Face dan Download Model Stable Diffusion. Harap diperhatikan bahwa proses ini mungkin memerlukan beberapa menit karena ukuran file yang cukup besar, Sekitar 4GB atau lebih.


Setelah Anda berhasil mengunduh model Stable Diffusion, langkah berikutnya adalah memindahkan hasil download tersebut ke folder "models" di dalam direktori Stable Diffusion.  yang berisi file teks dengan nama "Put Stable Diffusion checkpoints here". Contoh, letakan pada folder: 

D:\StableDiffusion\stable-diffusion-webui\models\Stable-diffusion

5️⃣ Siap menjalankan Stable Diffusion Web Ui

Langkah selanjutnya adalah menginstal alat yang diperlukan untuk menjalankan Stable Diffusion, proses ini mungkin memakan waktu sekitar 10 menit atau lebih tergantung kecepatan internet anda. Pada bagian ini sistem akan otomatis mendownload segala keperluan yang dibutuhkan Stable Diffusion. Caranya menjalankannya adalah dengan mengklik file yang bernama webui-user.bat yang berada di folder stable-diffusion-webui.


Setelah dependensi terinstal, sebuah URL akan muncul di prompt perintah Anda: “http://127.0.0.1:7860”. Silakan salin dan tempel URL ini ke alamat browser Anda untuk menjalankan antarmuka Stable Diffusion Web Ui. 



Anda sudah berhasil memasang Stable Diffusion di Komputer dan siap anda gunakan. Selamat mencoba . . . 

Komentar

Populer

LoRA: Penjelasan dan Cara menggunakannya

Memahami Teknologi AI Text-to-Image: Saat Kata-kata Menjadi Gambar

CivitAI: Komunitas AI Open Source yang menyediakan berbagai Model Learning Gratis

Stable Diffusion: Pemahaman Mendalam tentang Teknologi Pembuatan Gambar AI