LoRA: Penjelasan dan Cara menggunakannya

Banyak orang mencari tutorial bagaimana cara menggunakan Stable Diffusion, AI satu ini telah berkembang pesat dan sangat terkenal di seluruh dunia, Kecerdasan buatan ini telah menarik banyak perhatian orang karena gtratis . Meskipun demikian, bagi mereka yang menginginkan hasil yang lebih memuaskan ketika menciptakan gambar karakter, konsep, atau gaya tertentu yang sudah dikenal, seringkali mereka merasa kecewa dengan kinerja AI yang terdapat dalam Stable Diffusion. Stable Diffusion sering kali kurang optimal dan konsisten dalam mengenerate karakter dan gaya yang diinginkan. Untungnya, sekarang ada model tambahan untuk melengkapi performa dari model dasar Stable Diffusion. Yaitu LoRA,  yang hadir sebagai solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

Sebuah Ekstensi yang dapat menunjang performa Stable Diffusion lebih baik dalam menghasilkan gambar. Dan tak heran jika model LoRA menjadi begitu populer akhir-akhir ini. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang peran dan fungsi dari model LoRA, bagaimana cara memanfaatkannya agar karya seni yang dihasilkan menjadi lebih luar biasa.

APA ITU LoRa?

LoRA merupakan singkatan dari Adaptasi Tingkat Rendah, yang memungkinkan pemanfaatan teknologi adaptasi tingkat rendah untuk memperbaiki model difusi dengan cepat. Secara sederhana, model pelatihan LoRA mempermudah pelatihan Stable Diffusion dalam berbagai konsep, seperti karakter atau gaya tertentu. Setelah terlatih, model ini dapat diekspor dan digunakan oleh generasi berikutnya.


Meskipun Model Stable Diffusion semakin terkenal dalam bidang pembelajaran AI karena kemampuannya menghasilkan gambar dan teks berkualitas tinggi, namun memiliki kelemahan utama pada ukuran file yang besar. Ukuran file yang besar ini menjadi kendala bagi pengguna yang ingin menyimpan koleksi model di komputer pribadi mereka. Di sinilah peran LoRA sebagai teknik pelatihan yang dapat menyempurnakan model Stable Diffusion dalam ukuran yang kecil.

Penjelasan singkatnya ialah Model tambahan untuk menunjang Model dasar Stable Diffusion dengan ukuran file yang kecil dan gaya gambar yang bervariasi.


JENIS DAN MODEL LoRA

1️⃣Karakter

Model LoRA jenis ini sangat umum digunakan, terutama karena menciptakan karakter tanpa data pelatihan seringkali merupakan tugas yang rumit dan sulit diandalkan. Keunggulan utama dari model LoRA ini terletak pada kemampuannya untuk menghasilkan hasil yang konsisten dan memuaskan dalam mereplikasi karakter-karakter yang telah ada. Dengan begitu, model LoRA pada karakter tertentu menjadi alat yang berharga dalam industri seni digital, pembuatan game, dan pengembangan konten visual lainnya. Dengan penerapan LoRA, proses penciptaan karakter dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat, membuka pintu untuk berbagai aplikasi kreatif yang luas.

Karakter LoRA dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis media, termasuk dalam judul-judul yang populer maupun kurang dikenal. Anda dapat menemukan karakter dari franchise terkenal seperti Super Mario, Marvel, dan Pokémon, sekaligus beragam karakter dari anime Jepang dan bahkan pahlawan dari buku komik.

Tentunya, karakter LoRA juga dapat diterapkan pada karakter orisinal, asalkan data pelatihannya memadai. Meskipun sedang dilakukan eksperimen dengan data pelatihan rendah, lebih disarankan untuk membuat karakter LoRA dengan setidaknya 10-20 gambar berbeda. Hal ini bertujuan untuk menambah variasi dalam proses pelatihan, sehingga meningkatkan kualitas karakter yang dihasilkan.

2️⃣Style LoRA

Style LoRA memiliki banyak kesamaan dengan karakter LoRA, namun berbeda dari karakter atau objek tertentu, fokus gaya ini terletak pada aspek artistik. Model jenis ini umumnya dilatih oleh seniman khusus, memungkinkan Anda mengakses gaya artistik khas mereka dalam karya Anda. Style LoRA dapat diterapkan untuk berbagai keperluan, mulai dari menyusun gambar referensi hingga menciptakan karya seni orisinal dengan gaya yang serupa.

Sebagaimana namanya, model ini dilatih untuk menangkap gaya tertentu, seperti penampilan acara animasi tertentu, teknik lukisan cat air, seni garis, dan sebagainya. Dengan model LoRA jenis ini, Anda dapat dengan mudah memberikan karya seni AI Anda sentuhan gaya yang unik, membedakannya dari karya lainnya!

3️⃣Concept LoRA

Concept LoRA, dilatih pada konsep atau ide tertentu, membantu mengonseptualisasikan hal yang sulit dicapai melalui rekayasa cepat. Model ini berguna saat menciptakan karya seni orisinal yang mengekspresikan konsep spesifik, seperti gambar patung kaca, dengan hasil yang unik dan jelas menyampaikan ide yang diinginkan.

Concept LoRA memfasilitasi pembuatan karya seni yang menggabungkan gaya dan kekuatan konseptual. Model-model ini juga efektif dalam menciptakan potongan-potongan kecil dan abstrak yang mungkin sulit direplikasi dengan model lain. Dengan demikian, mereka sering memberikan keunggulan tambahan pada karya seni Anda dalam hal keunikannya dan nilai artistik.

4️⃣Pose LoRA

Model Pose LoRA menempatkan penekanan utama pada pose karakter daripada pada gaya atau fiturnya. Sebagai contoh, ketika Anda menerapkan model pose LoRA pada karakter humanoid, model tersebut akan menciptakan variasi pose seperti berlari, melompat, atau duduk, tanpa mempengaruhi fitur wajah, pakaian, atau gaya secara keseluruhan. Dengan demikian, penggunaan model pose LoRA memungkinkan Anda secara spesifik fokus pada ekspresi tubuh dan gerakan karakter tanpa memodifikasi atribut-atribut lainnya.

Pose LoRA adalah cara terbaik untuk memiliki kontrol gerakan lebih luas untuk generate gambar Anda tanpa harus menginstal dan mempelajari lebih lanjut plugin lainnya seperti ControlNet. LoRA jenis ini dapat membantu Anda membuat pose yang dinamis dan menarik hanya dengan beberapa perubahan sederhana pada prompt anda.

5️⃣Clothing LoRA

LoRA jenis ini dirancang untuk mengganti pakaian dan aksesoris seseorang. Anda dapat dengan cepat dan mudah memberikan pakaian baru kepada karakter yang hendak anda generate, baik yang bergaya modern maupun bersejarah tergantung seberapa banyak model LoRa yang anda kumpulkan.

Model ini dapat digunakan dengan berbagai jenis karakter. Anda dapat menerapkan beragam gaya dan desain untuk orang yang berbeda hanya dengan satu model! 

6️⃣Objects LoRA

Objek LoRA merupakan kategori luas dari model LoRA yang dirancang untuk menciptakan berbagai objek, termasuk furnitur, tanaman, dan bahkan kendaraan. Jenis item yang dapat Anda hasilkan dengan menggunakan model ini tentu tergantung pada model spesifik yang Anda pilih dan instruksi yang Anda berikan.

Object LoRA adalah alat yang sangat berguna bagi seniman, dan juga bagi pengembang game, desainer web, dan profesional kreatif lainnya yang perlu membuat aset secara efisien. Kemampuannya untuk menghasilkan objek dengan desain khusus memberi Anda kebebasan untuk bereksperimen dan menjelajahi berbagai visual hingga Anda menemukan yang sempurna untuk proyek Anda.

Cara Memasang Model LoRA Ke Automatic1111

Model LoRA dapat anda temukan di Situs Open Source seperti Civitai dan Hugging Face, Anda dapat medownload dengan mudah dan digunakan secara gratis. Ukuran model LoRA yang kebanyakan tidak melebihi beberapa megabyte menjadikannya ringan dan mudah digunakan. Setelah mengunduh Model LoRA pilihan Anda, instalasi dapat disesuaikan dengan pengaturan masing-masing, dan petunjuk spesifik tentang penggunaan model LoRA dapat ditemukan sesuai dengan platform yang digunakan.

Dan berikut adalah tahapan untuk memasang LoRA ke Stable Diffusion Automatic1111:

  1. Jalankan Program Stable Diffusion anda.
  2. Buka tab " Ekstensi ", dan klik " Instal From URL " dari opsi yang tersedia.
  3. Salin tautan berikut ke kolom input " URL for extension's git repository", lalu tekan tombol " Instal ":
    https://github.com/kohya-ss/sd-webui-additional-networks.git
  4. Pindah ke tab " Installed ", dan klik tombol " Apply and restart UI ". Sekarang, tunggu hingga UI web Automatic1111 dimulai ulang.
  5. Setelah selesai melakukan tahap diatas, Anda akan melihat beberapa subfolder baru di folder " model " Anda. Model ini akan menyimpan LoRA Anda. Namun, Anda perlu mengkonfigurasi folder ini agar UI web Automatic1111 dapat membacanya.
  6. Buka tab " Settings ", dan beralih ke tab " Additional Networks ". Temukan kolom input " Extra paths to scan for LoRA models " dan tempel di folder yang benar. Anda akan menemukannya di direktori " stable-diffusion-webui/models/Lora ".
  7. Setelah memasukkan path seperti tahap diatas dengan benar ke folder LoRA Anda, klik " Apply settings ".
Setelah pemasangan ekstensi LoRA sudah berhasil, sekarang Anda perlu menginstal model LoRA yang dapat anda download DISINI ke folder LoRA. Untuk melakukannya, ambil file LoRA, biasanya berformat safetensors yang diunduh dan letakkan di folder " stable-diffusion-webui/models/Lora ".

Selanjutnya kita sudah siap menggunakan  Model LoRA di Stable Diffusion Automatic1111, dan berikut cara saingkat untuk menggunakannya:
  1. Jalankan Stable Diffusion web UI dan pilih " model checkpoint " yang Anda inginkan. Beberapa LoRA memerlukan pos pemeriksaan khusus untuk digunakan; selalu periksa deskripsi dan instruksi LoRA pada halaman dimana anda mendownload Model tersebut.
  2. Ketik perintah atau Prompt Anda. Pastikan untuk menyertakan "Trigger Words" atau kata pemicu untuk menerapkan LoRA tersebut. Biasanya pembuatnya akan mencantumkan kata ini di deskripsi, atau Anda bisa menemukannya di parameter Kata Pemicu di halaman anda medownload model LoRA. Atau pergi ke Tab LoRA seperti gambar berikut:
  3. fmaka secara otomatis akan muncul kode tambahan di akhir Prompt anda, dan sekarang anda dapat klik tombol " Generate ".

Kesimpulan:


LoRA merupakan metode terbaik untuk meningkatkan detail dan akurasi dalam gambar yang dihasilkan oleh AI. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat segera mengintegrasikan model ini ke dalam Stable Diffusion untuk pengembangan proyek Anda. Semoga Artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba tutorial yang cukup panjang ini, sekian dan Terimakasih.

Komentar

Populer

Memahami Teknologi AI Text-to-Image: Saat Kata-kata Menjadi Gambar

CivitAI: Komunitas AI Open Source yang menyediakan berbagai Model Learning Gratis

Stable Diffusion: Pemahaman Mendalam tentang Teknologi Pembuatan Gambar AI