Khoya ss: Tutorial instalasi dan Training Model Menggunakan VGA

Pada postingan saya sebelumnya kita sudah membahas Pengertian dan cara Instalasi Stable Diffusion dan LoRa Model. Pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan proses dimana kita dapat membuat model Stable Diffusion dan LoRa dengan menggunakan gambar kita sendiri. 


Apa itu Kohya SS?

Kohya GUI adalah aplikasi berbasis web yang mempermudah integrasi LoRA dengan model PyTorch, termasuk model dari Hugging Face. Anda dapat memilih berbagai model, seperti stabilitasai/stable-diffusion-xl-base-1.0, yang mampu menghasilkan pasangan teks dan gambar, lalu menyempurnakannya pada dataset Anda sendiri. Selain itu, Anda dapat memantau kemajuan pelatihan dan memvisualisasikan sampel yang dihasilkan secara real-time.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara menginstal Kohya GUI dan menggunakan aplikasi tersebut untuk menyempurnakan model Stable Diffusion dengan DreamBooth, LoRA, dan Textual Inversion. Setelah menyelesaikan tutorial ini, Anda akan berhasil menginstal GUI Kohya_ss dan siap untuk memulai pelatihan model Stable Diffusion  Anda sendiri.

System Requirement

Untuk dapat menjalankan Khoya Secara Lokal di PC anda wajib memiliki VGA Nvidia atau ATI Radeon dengan minimum 4GB VRAM, semakin besar VRAM semakin baik dan mempercepat proses Training. Untuk Prosesor dan Ram Tidak begitu diutaman.

Persiapan

Sebelum kalian memulai instalasi harap lakukan langkah awal sebagai berikut agar dapat mencloning dan menginstal dependensi yang diperlukan pada sistem Windows:

1️⃣ Instal Python 3.10 

2️⃣ Instal Git

3️⃣ Instal Visual Studio 2015, 2017, 2019, dan 2022.


Download semua Bahan diatas dan lakukan instalasi seperti biasa. Dan untuk cara instal Python, Selama proses instalasi, pastikan Anda mencentang add Python to the 'PATH' environment variable.

Instalasi

Setelah berhasil menginstal Aplikasi yang diperlukan untuk pelatihan LoRa di atas, langkah berikutnya adalah menyalin repositori Kohya dari GitHub ke drive yang anda pilih. Saya menyarankan untuk membuat folder khusus yang ditujukan untuk pelatihan Kohya LoRa di lokasi pilihan Anda. Sebagai contoh, disini saya menggunakan Drive E/khoya_SS.


Jika folder yang anda buat untuk instalasi Khoya sudah siap, maka kita lanjutkan ke proses instalasi
  1. Pada folder yang akan di instal Klik kanan dibagian kosong dan pilih Open In Terminal, atau ketik CMD pada alamat Drive kita. maka akan muncul Terminal Windos seperti gambar berikut: 


  2. Lalu Copy kode berikut ini dan Paste di Windows Terminal dan tekan Enter.
    git clone https://github.com/bmaltais/kohya_ss.git
  3. Maka secara otomatis Sistem akan mendownload dan mencloning Folder Khoya dari GitHub ke Drive PC kita yang sudah kita tentukan tadi.
  4. Buka folder 'kohya_ss' dan cari 'setup' yang berformat Windows Batch File


    Jalankan file tersebut dengan dobel Klik, maka akan muncul seperti gambar berikut.


  5. Ada 6 perintah yang dapat anda pilih dengan mengisi angka 1-6. Karena disini kita akan menginstal Khoya untuk pertama kali, maka pilih poin 1 dan "Enter" untuk melanjutkan proses ini. Proses ini memakan waktu cukup lama tergantung Speed Internet anda.


  6. Setelah Proses Download di atas sudah selesai, kalian dapat menutup Windows terminal tersebut dan beralih untuk mencari file "gui.bat" dalam folder yang sama (khoya_ss).


  7. Jalankan "gui.bat" dengan cara double klik maka akan muncul tampilan sebagai berikut:


  8. Copy alamat http://127.0.0.1.7860 dan paste ke Alamat Browser favorit anda untuk menjalankan Khoya GUI. atau arahkan kursor ke alamat tersebut dan pada keyboard tekan CTRL dan Klik pada Mouse secara bersamaan.


  9. Maka akan muncul tampilan Khoya GUI , dan siap untuk digunakan membuat model LoRa.
Selamat! Anda kini telah berhasil menginstal GUI Kohya_ss setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya tutorial kali ini selesai. Pada postingan berikutnya, saya akan menjelaskan cara menggunakan dan melatih model dengan menggunakan Kohya GUI ini. Jadi, tetap pantau terus pembaruan di 501 Suevival ini. Selamat mencoba, dan terima kasih sudah berkunjung.


Komentar

Populer

LoRA: Penjelasan dan Cara menggunakannya

Memahami Teknologi AI Text-to-Image: Saat Kata-kata Menjadi Gambar

CivitAI: Komunitas AI Open Source yang menyediakan berbagai Model Learning Gratis

Stable Diffusion: Pemahaman Mendalam tentang Teknologi Pembuatan Gambar AI